Nah Lho …. Subuh di Indonesia Kepagian

  

Waktu Shubuh (Foto: Koran SI)
JAKARTA– Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyebut waktu salat subuh di Indonesia terlalu pagi. Persoalan ini menjadi penting karena dalam menjalankan salat harus tepat pada waktu yang telah ditentukan sebagaimana perintah dalam Alquran.

Karena itu, masalah ini menjadi salah satu agenda pembahasan utama dalam Munas Majelis Tarjih XXVII di Malang pada bulan April mendatang.

“Beberapa pihak di Muhammadiyah menilai waktu subuh di Indonesia kepagian,” ujar Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar di kantor Pemprov Jawa Timur, Selasa (23/3/2010).

Syamsul menyebutkan, persoalan ini dapat memicu keresahan di kalangan umat. Pasalnya, waktu salat tidak boleh mendahului waktu yang telah ditentukan atau melebihinya. “Ini persoalan pemahaman tentang kebenaran waktu dalam menjalankan ibadah,” ujarnya.

Menurut dia, waktu subuh di Indonesia rata-rata ditetapkan pada saat matahari berada pada posisi 20 derajat di bawah ufuk. Padahal, waktu subuh di sejumlah negara lain seperti Maroko ditetapkan pada saat matahari berada pada posisi 18 derajat di bawah ufuk.

Ia menjelaskan, penetapan waktu subuh itu juga didasarkan atas perhitungan waktu keluarnya fajar shodik dan fajar kadzib yang menandai pergantian waktu dari malam hari ke pagi hari.

Seperti diketahui, situs Pos Keadilan Peduli Ummat menyebutkan waktu salat shubuh untuk wilayah Jakarta pada bulan Maret ini ditetapkan sekira pukul 04.40 WIB. Sementara di Yogyakarta 04.25 WIB, Surabaya pukul 04.15 WIB, Denpasar 05.04 Wita, Manado sekira pukul 04.27 WIT, dan Makassar pukul 04.50 Wita.(Aan haryono/Koran SI/ful)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: