Menteri Dapat Mobil Senilai Rp1,8 M, Pemerintah Boros !

 

Jum’at, 4 September 2009 – 10:23 wib

Amirul Hasan – Okezone
JAKARTA – Rencana pemberinan mobil baru bagi anggota kabinet baru mulai mencuat. Sejumlah pihak menyayangkan langkah pemerintah yang dinilai tidak efesien dan boros.

Pemerintah semestinya konsisten menampilkan kesederhanaan dengan tidak serta merta menyediakan mobil baru bagi menteri yang akan menjabat lima tahun mendatang.

Demikian disampaikan Koordinator Indonesian Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan saat berbincang dengan okezone, Kamis (4/9/2009) malam.

Semetinya, tambah Abdullah, pemerintah mengalokasikan anggaran yang cukup besar itu untuk kepentingan publik, bukan untuk memanjakan para pejabat. “Jadi konteksnya keprihatinan dan kesederhanaan, yaitu kebutuhan riil masyarakat,” katanya.

Mobil dinas yang ada saat ini ada, lanjut Abdullah, masih layak dipakai sebagai kendaraan dinas bagi kabinet SBY mendatang. Oleh karenanya, tidak melulu setiap pemerintahan baru harus memiliki kendaraan baru.

“Tidak berarti kabinet baru fasilitas baru juga. Harus riil, ini kebutuhan fungsionalnya,” tambahnya.

Kalaupun memang dibutuhkan pengadaan mobil baru, dia berharap, proses pengadaan itu berlangsung secara transparan dan sesuai prosedur. Oleh karenanya, harus ada uji kelayakan aset, apakah kendaraan itu sesuai dengan kebutuhan riil fungsionalnya atau tidak.

Abdullah juga mengharapkan panitia pengadaan, dalam hal ini Sekretariat Negara, tidak terjebak pada merek tertentu dalam menentukan kendaraan, melainkan fungsi yang dimilikinya.

Sebagaimana diketahui, Mensesneg Hatta Radjasa membenarkan bahwa kabinet mendatang akan mendapatkan fasilitas kendaraan baru. Menurutnya, kendaraan yang akan dipakai oleh para pembantu presiden ini berasal dari pabrikan yang sama dengan yang sekarang. “Itu aset kendaraan lima tahun. Biasanydiganti. Ini mobilnya Toyota. Kalau diganti, mungkin Toyota lagi,” kata Hatta.

Sementara itu, informasi yang berkembang, mobil yang akan dipakai bukan lagi Toyota Camry, Sekretariat Negara sedang mempertimbangkan memilih Toyota Crown Majesta. Harganya diduga mencapaiRp 1,8 miliar. Bandingkan dengan Camry, yang paling mahal hanya Rp 641 juta untuk tipe 3.5Q. Harga Crown Majesta tersebut mendekati BMW Seri-7 atau sama dengan Mercedes-Benz S350L. (ram) (kem)a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: