Terkubur, Masjid 1000 Tahun Ditemukan

masjidTim arkeolog Rusia menemukan bangunan masjid kuno di Kazan, ibukota Tatarstan. Bangunan masjid itu dipekirakan berusia 1.000 tahun. Penemuan ini menjadi petunjuk bahwa agama Islam sudah menyebar ke wilayah itu lebih awal dari perkiraan para sejarawan selama ini.

Para pakar arkeolgi Rusia masih terus melakukan penggalian untuk memastikan bentuk bangunan masjid kuno yang ditemukan terpendam di bawah tanah. Penggalian itu dilakukan setelah melakukan studi yang cukup panjang, sekitar 11 tahun menyusul penemuan lokasi bangunan Istana “Kremlin” Kazan.

Menurut para pakar itu, penemuan masjid ini membuktikan bahwa Islam sudah dikenal di Kazan sejak abad ke-10 atau hampir bersamaan dengan berdirinya kota Kazan. Pada saat itu Kazan adalah ibukota dari “Kazan Khanate”. Sedangkan para sejarawan selama ini meyakini bahwa agama Islam mulai masuk ke Tatarstan pada abad ke-15.

Dalam penggalian itu, para arkeolog juga menemukan reruntuhan banguan lain yang terdiri dari bebatuan berwarna putih. Reruntuhan itu, menurut para pakar, dibangun pada posisi menghadap ke kota Makkah di Arab Saudi. 

 

 Source : Dakta.com

Satu Tanggapan

  1. Subhanallah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: