Piutang Negara Capai Rp 53,8 Triliun

Piutang Negara Capai Rp 53,8 Triliun
Kamis, 25 Juni 2009 | 07:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Departemen Keuangan mencatat, nilai piutang negara per medio Juni 2009 mencapai Rp 53,8 triliun.

Jumlah tersebut berasal dari 170.525 Berkas Piutang Negara (BKPN) atas aset bank dalam likuiditas (BKL) dan eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Departemen Keuangan Hadiyanto menjelaskan, komposisi piutang itu terdiri dari piutang negara melalui perbankan sebesar Rp 21,5 triliun dan piutang non perbankan Rp 32,3 triliun.

Departemen Keuangan menargetkan bisa menyelesaikan piutang sebanyak Rp1,06 triliun pada tahun ini, atau naik 51,22 persen ketimbang target 2008. “Hingga kini, memang masih terseok-seok baru berjumlah Rp 196 miliar,” jelas Hadiyanto di DPR, Rabu (24/6).

Departemen Keuangan mengaku, penyelesaian itu menemui berbagai masalah klasik. Seperti, payung hukum yang tidak relevan, obligor yang kurang kooperatif dan sudah meninggal. Selain itu, banyak utang yang tidak memiliki jaminan yang jelas. “Sering kali aset yang dijaminan tidak laku dalam proses lelang,” sambungnya. (Martina Prianti/Kontan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: